Demi Menyukseskan UNBK Jenjang SMP, Disdik Sumenep Bentuk Tim 8

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur membentuk tim dengan nama TIM 8 dan bertugas untuk memantau persiapan pelaksanaan UNBK Ujian Nasional Berbasis Komputer jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) untuk tahun 2020 ini.

“Nantinya mereka diterjunkan untuk meninjau langsung pelaksanaan simulasi ke semua sekolah (SMP) yang ada di Kabupaten Sumenep, baik sekolah negeri maupun swasta yang ada di daratan ataupun di Sumenep bagian kepulauan,” ungkap Drs. Ec. Carto MM., Kepala Dinas Pendidikan Sumenep.

Diharapkan dengan adanya Tim 8 yang akan turun ke setiap sekolah nantinya dapat mendeteksi secara dini jika ada permasalahan di sekolah, jika ada masalah akan langsung koordinasi agar segera diselesaikan. Tim 8 juga akan menanyakan kesiapan dari pihak sekolah sekolah, benar-benar memastikan pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan lancar.

Dalam kesempatan kali ini, Carto ikut turun langsung ke bawah, ikut melakukan pengecekan pada sekolah, menyerap informasi tentang kendala yang kerap di jumpai pihak sekolah.

“Ada sejumlah sekolah yang mengadu tentang tidak stabilnya aliran listrik. Masalah tersebut bisa sangat fatal jika terjadi disaat pelaksanaan UNBK. Dan untuk masalah teknis lainnya seperti ketersediaan komputer, pihak sekolah masih dapat mengatasi. Dan dari awal kita juga telah sosialisasikan cara pengoperasian komputer dan cara pengisian soal, hingga tidak ada kendala terkait hal tersebut,” tuturnya panjang lebar.

Carto menambahkan, sebagai antisipasi terjadinya pemadaman aliran listrik saat UNBK, pihaknya akan berkoordinasi dengan PLN agar sepanjang pelaksanaan UNBK tidak terjadi pemadaman.

“Namun kita juga sarankan pada pihak sekolah, agar antisipasi untuk tetap menyediakan generator listrik. Sekedar jaga-jaga jika sampai terjadi pemadaman yang diakibatkan oleh faktor alam, seperti tiang roboh dan lainnya,” tandas Carto. (And)