Bupati Tubaba Launching Program Mantra

Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat Umar Ahmad melaunching Program Mantra (Maju dan Sejahtera) Tubaba di Kompleks Islamic Center Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu (18/9).

Umar Ahmad mengatakan Mantra Tubaba merupakan suatu program yang merupakan skema perlindungan dan jaminan sosial dalam upaya penanggulangan kemiskinan melalui pemberian bantuan sosial non tunai kepada kelompok Rumah Tangga Sasaran (RTS) kurang mampu yang terpilih dan ditetapkan oleh pemda.

“Program mantra tubaba ini bertujuan meningkatkan status sosial ekonomi RTS, memenuhi kebutuhan dasar sandang pangan dan papan RTS, serta memberikan jaminan dan perlindungan bagi RTS,” kata Bupati.

Ditambahkan kembali Program satu satunya di Provinsi Lampung ini menyasar rumah tangga dengan kriteria rentan kebawah berdasarkan data BDT. Kemudia penerima program adalah rumah tangga miskin yang belum pernah menerima bantuan dari pusat seperti Program Keluarga Harapan (PKH).

“Sebanyak 13.250 keluarga yang berada di 9 kecamatan menjadi sasaran program ini,” jelas dia.

Orang nomor satu di Tubaba ini berharap program ini tepat sasaran dan benar-benar sampai kepada warga dengan kategori miskin.

Program yang bersumber dari APBD sebesar 10 milyar rupiah ini, melibatkan 109 orang pendamping yang ditempatkan di setiap tiyuh/Desa, dengan di kordinatori satu orang di setiap kecamatannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, dirjen wilayah satu kementerian sosial RI Endang Muryani, Kadis Sosial Provinsi Lampung Sumarju, Ketua DPRD Ponco Nugroho, Forkopimda, Kepala SKPD, para Camat dan kepala Tiyuh/Desa, para pendamping Program serta rumah tangga sasaran program. (*)