Bupati Sumenep Buka Diklat MTQ 2019

Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Diklat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel C1 Jalan Sultan Abdurrahman Perum Bumi Sumekar Asri Sumenep, Senin (29/7/19).

Pada pelaksanaan pembukaan itu dihadiri langsung oleh Bupati Sumenep A Busyro Karim. Sebagai penanggung jawab dari pelaksanaan ini, yakni Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Sumenep. Sedangkan untuk teknis pelaksanaan dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep.

“Tujuan pelaksanaan ini bagaimana untuk menumbuh kembangkan pendidikan dalam mempelajari Alquran ditengah masyarakat,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Sumenep Kamiluddin, Senin (29/7).

Lanjutnya, serta bagaimana menjadikan untuk mampu memberikan dorongan kemampuan masyarakat dalam membaca, menghayati dan mengamalkan Alquran ditengah perkembangan digital.

“Selain itu, bagaimana membangun dan membudayakan nuansa qur’ani dalam menjadikan Sumenep yang Agamis dengan menerapkan nilai-nilai akhlaqul karimah. Tentunya juga untuk menyiapkan calon peserta MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur,” terangnya.

Untuk peserta diklat sebanyak 60 peserta, dan akan diambil 40 orang yang nantinya akan diutus menjadi kafilah Kabupaten Sumenep pada kegiatan MTQ Provinsi Jatim pada tanggal 25 Oktober- 02 November di Kabupaten Tuban.

Sementara Bupati Sumenep A Busyro Karim berharap semoga kafilah dari kabupaten Sumenep bisa mengharumkan reputasi atau nama baik Sumenep.

“Sebagaimana Kabupaten Sumenep pada tahun 2017 telah mendapatkan juara 1 pada cabang hifzil qur’an 30 Juz, juara 2 untuk 20 juz dan juara 2 cabang MMIQ serta masih banyak juara-juara harapan yang diperoleh. Dan juga sebagai bentuk meningkatkan akhlaqul karimah masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” harap Busyro Karim. (and/riel)