Bupati Fauzi, Pemkab Sumenep Layani Rute Baru di Mudik Gratis 2023

Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.idJelang lebaran tepatnya H-10 Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, telah menyiapkan sepuluh bus untuk menjemput warga daerah setempat yang berada di perantauan dalam program Mudik Lebaran 2023 secara gratis. Baik, melalui jalur darat maupun transportasi laut.

Setiap tahun Pemkab Sumenep memang selalu melaksanakan mudik gratis bagi wilayah kepulaun, namun untuk kali ini jalur darat juga disiapkan melalui rute Jakarta – Sumenep dan Surabaya ke Sumenep.

“Rute Surabaya ke Sumenep sudah lama kita sediakan. Nah yang baru itu dari Jakarta ke Sumenep. Kami menyediakan rute ini karena warga Sumenep yang bekerja di Jakarta cukup banyak. Jadi mereka bisa mudik dengan bus gratis ke Sumenep,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Pemilihan rute Jakarta – Sumenep tak lepas dari banyaknya masyarakat Sumenep, yang bekerja atau merantau di Ibu Kota negara.

Sementara ini, Pemkab Sumenep menyediakan sedikitnya 10 armada bus untuk angkutan mudik gratis ke Sumenep, dengan rincian lima armada untuk rute Surabaya-Sumenep, dan sisanya bus rute Jakarta-Sumenep.

“Nanti pendaftarannya bisa dilakukan secara online melalui link yang disediakan. Tentu saja dengan melengkapi beberapa persyaratan,” jelasnya.

Sedangkan untuk masyarakat di kepulauan, seperti penduduk Pulau Raas, Masalembu, Sapeken, juga Kangean ada layanan yang sama. Bagi warga Pulau Raas yang ada di Situbondo, bisa mengikuti layanan mudik gratis dengan pemberangkatan melalui jalur laut.

“Kalau yang berangkat dari Pelabuhan Kalianget, ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep,” tandasnya.

Dengan anggaran kurang lebih Rp544 juta, diperkirakan Pemkab Sumenep dapat menyasar sekitar 8.500 penumpang dalam mudik gratis tahun ini. (And, Tiem)