Antisipasi Penyebaran Covid 19, Semua Destinasi Wisata di Himbau Tutup Sementara

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.idMengacu pada Surat Edaran (SE) Gubernur Jatim, dengan nomor : SE/16701/115.1.13/2020 tertanggal 23 Maret 2020, tentang himbauan tindak lanjut pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) atas penetapan status Propinsi Jawa Timur sebagai darurat Corona.

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep langsung menutup sementara semua tempat hiburan dan sarana kegiatan olahraga sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut tertuang pada Surat Edaran (SE) dengan nomor :556/427/435.108.2/2020.

Ir. Bambang Irianto, M.Si, Kepala Disparbudpora Sumenep menyampaikan, SE sudah diterbitkan pada hari Jumat 27 Maret 2020 kemarin. Bahkan, saat ini sudah di edarkan pada sejumlah pemilik usaha jasa hiburan dan tempat olahraga.

“Semua pemilik usaha jasa hiburan, seperti cafe, bioskop, diskotik, tempat pijat, spa, dan karaoke di Sumenep sementara kami tutup. Begitu juga tempat olahraga,” ujarnya. Selasa (31/4/2020)

Ditegaskan olehnya, pemilik cafe, karaoke, bioskop atau usaha jasa hiburan lainnya, agar mengikuti himbauan pemerintah, demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita harap Surat Edaran ini dipatuhi oleh pengusaha jasa hiburan yang ada di Kabupaten Sumenep,” pungkasnya.

Sebagai langkah awal, Pemkab Sumenep telah menutup sementara semua destinasi wisata yang dikelolanya.Selain itu SE juga disebarkan pada KONI, Cabang Olahraga (Cabor), kelompok kesenian, dan organisasi kepemudaan.

“Kami telah menutup semua destinasi wisata milik Pemkab, serta mengedarkam SE pada semua elemen. Agar masyarakat lebih sadar akan bahayanya covid 19,” tegasnya.

Dihimbau pula oleh Bambang, pada semua masyarakat di Kabupaten Sumenep agar lebih peduli tentang kebersihan dan kesehatan diri. Agar Pendemi Covid 19 cepat berakhir, masyarakat harus lebih disiplin rajin mencuci tangan, selalu ikuti protokol penanganan Covid 19 tentang Social/Physical Distancing.

“Untuk itu, seluruh komponen yang ada hubungannya dengan tugas dan fungsi Disparbudpora, kami beri surat edaran demi keselamatan kita bersama dari ancaman virus corona,” tutup Bambang. (And)