Kades Blumbungan Gelar Pesta Rakyat Musik Daul, Sebagai Wujud Terima Kasih Serta Usaha Pelestarian Budaya

Pamekasan, Jatim| suaranasionalnews.co.id Kepala Desa Blumbungan Ferri Adriyanto Alvin, S.Pd. yang baru terpilih dan dilantik Bupati Pamekasan pada 12 Oktober 2019 yang lalu untuk periode 2019-2025 menggelar “Pesta Rakyat”. Sabtu malam, (04/01/2020).

Dijelaskan oleh Kades Ferri, momen pesta rakyat ini merupakan agenda rutin tahunan. Dengan tujuan utamanya untuk mempererat hubungan baik antara aparatur desa dengan masyarakat setempat, selain itu juga untuk melestarikan budaya lokal Kabupaten Pamekasan kesenian musik Daul.

“Pesta Rakyat yang digelar ini memiliki tujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, tanpa ada batasan dan jarak antara pemerintahan desa terutama kepala desa kepada masyarakatnya,” tutur Ferri.

Sengaja dalam pesta rakyat tersebut diselipkan pementasan budaya daerah yang mana dalam pementasan tersebut melibatkan para kaum milenial, dengan tujuan untuk melestarikan budaya daerah dan bisa lebih berkarya berkreatif.

“Kita sengaja merangkul para kaum milenial, mengarahkan para generasi penerus agar memiliki pemikiran untuk terus melestarikan budaya lokal. Selain itu agar para kaum milenial terus berpikir positif, ciptakan karya kreatif. Hingga pastinya dengan kesibukan tersebut membuat mereka terhindar pada hal-hal negatif salah satunya adalah Narkoba,” pungkasnya.

Untuk tahun kali ini, pesta rakyat Musik Daul memulai startnya di depan Kantor PDAM dan Finish di depan Pasar Blumbungan. Sedikitnya ada 12 komunitas Daul yang ikut memeriahkan pesta rakyat, dan sebagai pembuka tampil Marcing Band dari SDN 2 Blumbungan Pamekasan.

Terpantau media ini, turut hadir anggota DPRD Pamekasan dari Komisi II, Waka Polsek Larangan, Wakil dari Kecamatan Larangan Kasi Trantib berbaur bersama masyarakat antusias menyaksikan pesta rakyat musik daul.

Ferri menambahkan, untuk kedepannya dirinya akan lebih memaksimalkan kinerjanya. Terpilihnya ia sebagai kepala desa merupakan wujud rasa percaya masyarakat, sebuah amanah yang harus ia jaga semaksimal mungkin.

“Masyarakat telah mempercayakan pada saya, untuk melaksanakan tugas sebagai pelayan rakyat. Mengayomi, menfasilitasi segala kebutuhan rakyat agar bisa tersampaikan pada pihak pemerintah daerah,” tambahnya. (Yunk)