Pesona Tarian Ganrang Bulo Bius Mata Pengunjung Indonesia City Expo di Semarang

Semarang, Jawa Tengah

Pemerintah Kota Parepare patut berbangga. Keikutsertaannya dalam pameran budaya Nasional atau Indonesia City Expo tahun 2019 yang digelar di Simpang Lima Kota Semarang, Jawa Tengah, mencuri perhatian para pengunjung.

Salah satu penampilan budaya yang diperagakan yakni tarian Ganrang Bulo, tarian khas tradisional bugis Makassar, Sulawesi Selatan.

Semangat dari anak binaan Kantor Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare memperagakan tarian tradisional itu cukup memukau dan berhasil membius mata para pengunjung.

“Anak anak mampu memperagakan tarian khas (Ganrang Bulo) ini dengan penuh semangat. Penampilan mereka memukau, berhasil jadi perhatian pengunjung. Kami bangga,” kata Plt. Kadisporapar Parepare, Amarun Agung Hamka. Kamis (4/7/2019).

Hamka menjelaskan, tarian ganrang bulo diperagakan seiring bunyi tabuan bambu dan gendang yang menggebu-gebu. Dalam pertunjukan, penari akan menyentakkan teriakan sebagai simbol semangat dengan ekspresi gembira.

“Bahkan pengunjung dan wisatawan berebut foto dengan para penari,” ungkap Hamka.

Seperti yang diketahui, kegiatan Indonesia City Expo merupakan rangkaian pelaksanaan Rapat Kerja Nasional APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia).

Kegiatan Indonesia City Expo dilaksanakan 3 hingga 6 Juli mendatang. Kegiatan itu menampilkan acara menarik, mulai dari Pawai Budaya Nusantara, Pagelaran Seni, Musik, dan Budaya Nusantara. (Fajar Udin)