Goa Soekarno, Jadi Agenda IWO Prov Jatim di Sumenep

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Disela lawatannya ke sejumlah pemangku pemerintahan yang ada di Kabupaten Sumenep, pengurus IWO (Ikatan Wartawan Online) Provinsi Jawa Timur menyempatkan diri untuk mengunjungi destinasi wisata Goa Soekarno, sebuah destinasi wisata alam yang viral dan selalu ramai pengunjung tiap harinya. Rabu 29/07/2020.

Dalam kesempatan tersebut insan media yang tergabung pada IWO, bersama Kunti Adriama Najayanti selaku salah satu pengelola Goa Soekarno sempat mengulas sedikit tentang awal mula terbentuknya destinasi yang ada di Benteng Utara, Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Dijelaskan oleh Kunti Adriama Najayanti, keberadaan goa tersebut sebenarnya sudah diketahui sejak lama oleh masyarakat setempat, bahkan malah sempat dijadikan hunian oleh warga yang bernama Soekardi, yang kebetulan sangat mengidolakan Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia.

Dan atas ide Hairul Anwar, ST. MT., tokoh pemuda setempat, di tahun 2018 silam, goa tersebut dipugar namun tidak merubah keorisionilan nya. Akses jalan masuk goa dan lantainya di benahi agar nyaman untuk di kunjungi.

“Berawal dari inovasi Bang Hairul yang menyulap goa pengap hingga menjadi sebuah goa yang nyaman untuk melepas penat. Dan alhamdulillah, malah menjadi destinasi wisata yang sangat viral, ramai pengunjung dan pastinya mampu menambah perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

Adapun untuk nama goa sendiri berasal dari orang yang sempat mendiami goa, ditambah pula kecintaannya pada sosok presiden pertama, maka di putuskan agar goa tersebut selanjutnya dinamai dengan Goa Soekarno.

“Nama Goa Soekarno dipilih karena Pak Soekardi itu yang sangat mencintai sosok Soekarno dan memang awalnya pernah menjadi penghuni Goa ini,” terangnya.

Sengaja menjadi agenda dalam kunjungan pengurus IWO Jatim ke Kabupaten Sumenep, untuk melepas rasa penasaran akan Goa Soekarno, yang sebelumnya hanya diketahui melalui foto di media sosial belaka. Ditambah lagi, owner Goa Soekarno merupakan keluarga besar dari IWO, tepatnya beliau adalah salah satu Dewan Kehormatan di IWO Regional Sumenep. (And)