Menyisir Pondok Pesantren di Sumenep, Dandim 0827 Sumenep Pantau Proses Vaksinasi Covid-19

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idPelaksanakan vaksinasi COVID -19 tak hanya diberikan kepada masyarakat. Serbuan vaksinasi juga menyisir pondok pesantren di kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur.

Satgas COVID -19 Kabupaten Sumenep dalam hal ini salah satunya adalah Kodim 0827 Sumenep mulai melakukan vaksinasi penghuni pondok pesantren (Ponpes). Sasarannya adalah para santriwan, santriwati dan ustadz di ponpes-ponpes tersebut. Salah satu pondok pesantren yang mendapat giliran vaksinasi yakni Ponpes At – Taufiqiyah, Senin (13/09/2021).

Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf. Nur Cholis, AMd. mengatakan, tujuan utama program vaksinasi massal adalah diharapkan bisa menurunkan angka orang terpapar dan kematian akibat virus Corona. Serta tentunya dapat mengurangi penularan covid – 19.

“Kami percaya vaksin dapat mencegah Covid-19, Karena tingkat imunisasinya antara 65% Sampai 75%,” ujarnya.

Ia menjelaskan, vaksin dijamin 100% dapat menjegah penularan covid 19. Namun masalahnya, kemampuan mencegahnya hanya 65%.

“Tujuan vaksin memang untuk mencegah covid 19, namun kemampuanya hanya 65% selebihnya di tambah vitamin, mineral, berjemur, istirahat yg cukup dan prokes dilaksanakan ” katanya.

Disinggung bahaya vaksin, ia mengatakan, sementara waktu untuk saat ini tidak ada vaksin yang berbahaya, hanya tekadang menimbulkan efek samping.

“Yang tetkena efek samping cuma 1%. Sedangkan informasi bahaya vaksin yang beredar di masyarakat itu hanya hoax semata,” tegasnya.

Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf. Nur Cholis, AMd. berharap semua santri yang sudah divaksin bisa terus sehat, kuat, imunnya tambah naik dan tidak gampang sakit.

Sementara itu dari pantauan awak media, kegiatan vaksinasi dibantu oleh petugas dari dinas kesehatan dan tenaga kesehatan dari Puskesmas kecamatan Bluto. (Pendim 0827/Sumenep)