Kesadaran Masyarakat Masih Rendah, DLH Sumenep Akan Sosialisasikan Arti Pentingnya Hidup Sehat dan Bersih

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.idPemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep, PT Garam (Persero) Kalianget, para akademisi, dan masyarakat menggelar Gerakan bersama bersih – bersih sampah di lingkungan sekitar. Jumat 06/03/2020.

Kegiatan bersih-bersih tersebut dilakukan pada tiga lokasi yang berada di Desa Pinggir Papas, Karang Anyar, dan Marengan Laok Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.
Drs. Koesman Hadie M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep menjelaskan pada media ini, menumpuknya sampah atau limbah rumah tangga pada tiga lokasi tersebut merupakan bukti nyata bahwa tingkat kesadaran masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya masih rendah. Mereka terbiasa membuang sampah bukan pada tempatnya, sekalipun telah diberi sarana berupa tempat sampah ataupun kontainer sampah.

“Masyarakat terbiasa membuang sampah di lokasi tersebut, padahal pihak Pemkab ataupun PT. Garam telah beri fasilitas tempat sampah ataupun kontainer sampah. Bukti nyata bahwa kesadaran masyarakat setempat masih rendah, lebih memilih buang sampah seenaknya sendiri dan tidak memanfaatkan sarana yang telah diberi oleh Pemkab ataupun PT Garam,” ujarnya.

Koesman menekankan lagi, permasalahan tentang sampah sebenarnya merupakan tanggung jawab bersama. Idealnya para masyarakat membuang sampah rumah tangganya ke tempat pembuangan sementara (TPS) yang telah disiapkan oleh pihak Pemkab Sumenep atau PT. Garam (Persero).

“Setelah sampah terkumpul di TPS, barulah menjadi tugas DLH untuk membuangnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Fakta dilapangan tidak begitu, masyarakat setempat tidak mengfungsikan TPS sebagaimana mestinya,” ungkap Koesman lagi.

Menyikapi hal tersebut pihaknya akan mengagendakan sosialisasi pada masyarakat setempat, tentang manfaat dan arti pentingnya pola hidup bersih dan sehat.

“Tadi kita telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Pinggir Papas, H. Ubet terkait permasalahan sampah tersebut. Dan dalam waktu dekat kita akan lakukan sosialisasi pada warga setempat,” pungkasnya. (And)