Jaga Performa Anggota, Kodim 0827 Sumenep Gelar Samapta Periodik II TA 2020

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.id — Untuk Menigkatkan Kebugaran Tubuh Seluruh personil Kodim 0827/ Sumenep mulai dari Perwira, Bintara dan Tamtama melaksanakan Samapta Periodik ke-II Tahun Anggaran (TA) 2020, yang dilaksanakan di Lapangan Stadion A. Yani Pangligur Jalan Payudan Desa Pabiyan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Jawa Timur, Kamis ( 12/11/2020 ).

Samapta Periodik yang dilaksanakan kali ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, karena situasi dan kondisi Pandemi Corona Virus (COVID-19).

Dalam pelaksanaanya, seluruh anggota di wajibkan mengikuti Protokol kesehatan, yaitu mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan dan jaga jarak.

Selanjutnya dilakukan tahapan Kesamaptaan jasmani yang meliputi pengisian belangko ceklis pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan dari Polkes Kodim/Sumenep dan dilakukan peregangan, pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan samapta.

Kesamaptaan jasmani yang dilakukan meliputi samapta A yaitu lari 12 menit dan samapta B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run (Lari angka delapan). Pada pelaksanaan lari 12 menit peserta di perbolehkan membuka masker sesuai dengan petunjuk pelatih jasmani.

Pada kegiatan tersebut, Dandim 0827/Sumenep. Letkol Inf Nur Cholis A. Md menyampaikan kepada seluruh anggota, agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat dan betul-betul dilaksanakan, dengan tidak mengabaikan faktor keamanan.

“Kita boleh bersemangat dan ingin mencapai hasil yang maksimal, namun demikian jangan abaikan faktor keamanan. Bila mengalami pusing atau dada sesak jangan di paksakan, dan segera menepi. Jangan malu atau gengsi dengan teman, sehingga kita paksakan dan dapat merugikan diri sendiri. Sesuaikan dengan kemampuan diri masing-masing,” tegas Dandim Nur Cholis.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pelaksanaan samapta ini merupakan program rutin dari Komando atas, dengan tujuan membina dan mengukur setamina prajurit TNI AD.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 2 hari, karena ada anggota lain yang melaksanakan dinas dalam dan jaga di Pos-pos Covid 19, sehingga di buat dua hari agar semua dapat melaksanakan.

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan apalagi bagi anggota yang akan melaksanakan tes kenaikan pangkat maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, dan dalam menunjang program lainnya, sebagai tolak ukur kemampuan setiap prajurit,” tandasnya. (Pendim 0827/Sumenep)