Dinkes Kabupaten Sumenep Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Lokasi TMMD 116

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idDalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya mencegah stunting, Dinkes Kabupaten DKP2KB Sumenep lakukan sosialisasi Pencegahan Stunting kepada masyarakat.

Sosialisasi tersebut dalam rangka kegiatan non fisik TMMD 116 Kodim 0827/Sumenep dilaksanakan di balai Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Jum’at (26/5/2023).

Kegiatan dihadiri oleh Dinas Kesehatan DKP2KB Kabupaten Sumenep, Ida W ,SM. Kes., Pjs. Pasiter Kodim 0827/Sumenep Lettu Chb Achmad Suyanto, dan masyarakat Desa Tanjung.

Dalam kesempatan tersebut, Dinkes DKP2KB Ida W ,SM. Kes., mengatakan
bahwa penyebab stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

“Stunting menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ida banyak penyebab yang mempengaruhi stunting seperti asupan gizi kepada wanita hamil dan anak usia dini, penggunaan makanan yang di awet kan dan kurangnya pola asuh terhadap anak.

“Kita tidak bisa berbuat banyak tanpa bantuan dan kerjasama dari ibu-ibu dalam menghadapi permasalahan Stunting ini, diharapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan informasi dan edukasi kepada masyarakat disini mengenai stunting dan gizi anak,” imbuhnya.

Sementara, Pjs. Pasiter Kodim 0827/Sumenep Lettu Chb Achmad Suyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Dinkes yang telah memberikan edukasi dan strategi penanganan stunting di Desa Tanjung.

“Sosialisasi ini sangat penting dilakukan, kita harapkan sosialisasi yang telah diterima dapat diterapkan, untuk kita bersama – sama mencegah dan menanggulangi stunting di Tanjung,” harapnya. (Pendim 0827/Sumenep)