Cek Kesehatan Dan Deteksi Dini Penyakit, Personel Kodim 0827/Sumenep Lakukan Rikkes Berkala

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idSebanyak 315 orang prajurit TNI dan PNS jajaran Kodim 0827/Sumenep melaksanakan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala TW II TA 2022 yang dilakukan oleh Kesdam V/Brawijaya, Denkesyah Surabaya dan Poskesdim 0827/ Sumenep, berlangsung di garasi Makodim 0827/Sumenep. Kamis (30/6/2022).

Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah (tensi) dan nadi, mata, laboratorium darah dan urine, Rontgen, USG, ECG, THT, Gigi dan Penyakit dalam.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. mengatakan bahwa rikkes berkala ini merupakan salah satu bentuk perhatian dari komando atas terhadap kesehatan para anggota yang tujuannya untuk mendeteksi sedini mungkin kemungkinan ada dan tidaknya penyakit yang diderita oleh setiap prajurit TNI dan PNS Kodim 0827/Sumenep.

“Tujuan dilaksanakan rikkes ini untuk mengetahui kesehatan Prajurit dan PNS agar bisa mengetahui kondisi kesehatan anggota itu sendiri, sehingga apabila ditemukan adanya penyakit dapat ditangani sesegera mungkin,” terang Dandim.

Menurut Dandim, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan bukan pada saat sakit saja tapi ketika sedang dalam kondisi sehat juga perlu di periksa sehingga bagi setiap anggota Kodim yang sedang melaksanakan tugas baik dilapangan maupun kantor dapat dengan tenang dalam melaksanakan tugas pokoknya.

“Banyak yang merasa sehat, tidak pernah ada kendala dalam kesehatan. Namun tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan ketika sedang beraktifitas, hal ini dikarenakan kurangnya pemeriksaan kesehatan berkala dan kurangnya kepedulian terhadap kesehatan diri,” pungkas Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi.

Oleh karena itu, Dandim menekankan agar pemeriksaan kesehatan tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin yang dilaksanakan setiap bulan sekali ini demi kesehatan diri dan keluarga. (Pendim 0827/Sumenep)