Babinsa Koramil 0827/02 Kalianget Pantau Tracing Keluarga Di Desa Kertasada

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.id Babinsa Koramil 0827/06 Kertasada Kopka Sri Habiono dan Bhabinkamtibmas Polsek Kalianget mendampingi Team Tracing dari Puskesmas Kalianget 2 orang melaksanakan tracing warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 di Dsn. Boom, RT.008 RW.004 Desa Kertasada Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. Sabtu (07/08/2021)

Konsep pelacakan kontak dimaksudkan untuk memberikan respons cepat ke orang yang baru atau diduga terinfeksi dan mengawasi mereka dengan cermat. Langkah ini merupakan bagian dari pencegahan penyebaran virus covid-19 lebih lanjut.

Tracing dilaksanakan di rumah warga (yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19). Petugas medis mendata anggota keluarga yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari hasil pemeriksaan terhadap anggota keluarga yang mengalami kontak erat dengan pasien covid-19 sebanyak 7 orang swab antigen dinyatakan negatif dan kondisi sehat serta beraktifitas normal.

“Tracing kepada keluarga di desa kertasa semuanya di nyatakan negatif, namun kami tetap memantau dan menghimbau agar mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M untuk memutus penyebaran Covid-19” ujar Kopka Sri Habiono

Selanjutnya petugas medis Team Tracing dari Puskesmas Kalianget yang di pimpin Hendri Nurdiansyah, S.Kep juga memberikan arahan kepada keluarga yang terkonfirmasi Covid-19 untuk melaksanakan karantina mandiri.

“Kita wajibkan bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar melaksanakan isolasi mandiri, jika selama pelaksanaan isolasi mengalami keluhan atau sakit agar segera menghubungi tim medis,” tuturnya. (Pendim 0827)