Babinsa Ambunten Bersama Petugas Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Berikan Edukasi

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/10 Ambunten Serka Hairudin bersama petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep sambang kandang sapi milik warga di Desa Tambaagung Tengah, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep dengan melakukan penyemprotan Disinfektan.

Aksi ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan PMK yang bisa menyebar melalui udara.

17 kandang sapi yang tersebar di Desa Tambaagung Tengah pun telah menjadi sasaran aksi desinfeksi PMK. Sabtu (3/11/2022).

Babinsa Serka Hairudin mengatakan bahwa aksi penyemprotan ini untuk mencegah penularan PMK di wilayah Desa Ambunten Tengah.

“Seperti yang pernah dilakukan sebelumnya, bahwa penyakit mulut dan kuku ini penyebarannya mirip dengan Covid-19. Cuma tidak menyerang manusia. Karena itu, untuk mencegah meluasnya penyebaran kita berupaya membantu pemerintah dengan penyemprotan desinfektan,” terangnya.

Tak hanya melakukan penyemprotan disinfektan, Babinsa dan petugas juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh kandang milik warga yang di datanginya.

“Kita terus lakukan edukasi kepada para peternak, yakni pencegahan awal seperti mengkarantina hewan jika terdapat ciri-ciri PMK dan selanjutnya menghubungi petugas agar dilakukan tindakan testing bersama Dinas Peternakan Kabupaten Sumenep,” imbuhnya. (Pendim 0827/Sumenep)