Tiga Paket Proyek Pariwisata Bulukumba Diduga Tidak Sesuai RAB

 

Bulukumba | suaranasionalnews.co.id – Tiga paket proyek miliaran tahun 2019 diduga bermasalah dan merugikan keuangan negara hingga ratusan juta rupiah. Ketiganya yakni, proyek Pembuatan Boardwalk di Kawasan Wisata Bira dengan anggaran Rp. 768.998.000, dikerjakan oleh CV Cakrawala Bulan, Pembangunan Jalan dalam kawasan Wisata Bira Rp 308.391.000 dikerjakan CV Sinar Cahaya Purnama dan proyek Pembangunan Titik Nol dengan anggaran Rp. 186.850.000 yang dikerjakan PT CV Sinar Bontomallengo. Ketiga proyek milik Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba ini berlokasi di Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba dengan total anggaran Rp 1,2 M .

Wakil Koordinator Divisi Pengawasan LSM PERAK Sulawesi Selatan, Burhan, SH mengatakan, soal proyek Pembuatan Boardwalk diduga dikerjakan menyalahi aturan kontrak tidak sesuai RAB.

Proyek tersebut kata dia, diduga menggunakan kayu tidak berkualitas, begitupun pembesiannya. Padahal bangunan tersebut harus kuat karena berada di pinggir tebing yang cukup membahayakan nyawa manusia.

Pada proyek pembuatan jalan kata Burhan, diduga dikerjakan tidak sesuai spek dan juknis sehingga mengurangi kualitas pekerjaan.

“Paving Bloknya diduga di bawah K-220, Pemasangan Paving Bloknya diduga tidak dilakukan pemadatan atau stamper, sehingga permukaan paving bergelombang dan rusak. Kami juga menduga ada pengurangan volume pekerjaan disini,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pada proyek pembangunan tugu titik nol juga diduga tidak sesuai spesifikasi. Dimana diduga menggunakan keramik tidak sesuai spesifikasi begitupun bangunannya diduga terjadi pengurangan volume.

LSM PERAK juga menduga dalam tiga paket proyek terjadi monopoli persaingan usaha dimana diduga ketiga Proyek tersebut dikerjakan oleh orang yang sama.

“Temuan ini kami akan tindak lanjuti dengan melakukan pelaporan resmi ke Aparat Penegak Hukum (APH),” pungkas Burhan.

(Fajar Udin)