Gegara Beri Kesaksian Palsu, Honi Kini Berurusan Dengan Polda Jatim

Surabaya – Sesuai dengan yang disampaikan Ach. Supyadi SH., kuasa hukum dari Harno, S.Pd yang juga sebagai Kepala Desa Batuputih Daya, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melaporkan Honi pada aparat kepolisian karena melakukan kesaksian palsu di persidangan tanggal 18 Juli 2019 di Pengadilan Negeri Sumenep lalu. Minggu 06/10.

Menurut Supyadi, apa yang telah dilakukan Honi saat memberikan keterangan palsu di depan majelis hakim sangat merugikan kliennya, dan apa yang dilakukan honi telah mampu mengantarkan dirinya dalam proses hukum, kesaksian palsu di bawah sumpah dalam perkara pidana sebagaimana pasal 242 ayat (2) KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun kurungan penjara.

“Apa yang dilakukan Honi telah masuk pada perkara pidana, pasal 242 ayat (2) KUHP dan diancam dengan hukuman 9 tahun penjara,” ujarnya.

Dijelaskan pula, sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi hal serupa, dirinya bersama Harno S.pd telah melakukan pelaporan terhadap Honi pada Kepolisian Polda Jatim, dan telah diterima yang kemudian akan diproses lebih lanjut.

“Kami telah melakukan pelaporan terhadap Honi, dan dalam waktu cepat akan segera diproses oleh pihak Polda Jatim,” pungkasnya.

“Saya pribadi berharap tidak ada lagi masyarakat yang melakukan kesaksian palsu di pengadilan. Karena hal tersebut telah diatur oleh undang-undang dan memiliki konsekuensi yang cukup berat,” tambahnya. (And)