Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan Koperasi Kodim 0827/Sumenep di Masa Pandemi Tepat Waktu

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.id – Dalam rangka meningkatkan kearifan koperasi, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Sumenep melaksanakan pembinaan terhadap koperasi-koperasi yang ada di wilayah Kobar. Pembinaan kepada koperasi salah satunya dengan mewujudkan koperasi tersebut wajib melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dengan membuat Laporan Pertanggung jawaban bagi pengurus dan pengawas koperasi dan dilaporkan pada saat RAT.

Semakin banyak anggota yang terlibat maka akan semakin baik dan dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan kebutuhan anggota koperasi.

RAT tahun ini merupakan rapat anggota tahunan yang berbeda dari tahun sebelumnya, karena dilaksanakan pada situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda di seluruh dunia. Rapat kali ini dilaksanakan melalui virtual dengan aplikasi zoom meting. Salah satu koperasi yang telah melaksanakan RAT virtual ini adalah Koperasi Kodim 0827/Sumenep di Aula Makodim dan diikuti oleh 61 orang anggota, pada Senin (15/3/2021).

Kepala Dinas koprasi Kabupaten Sumenep yang turut hadir memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Koperasi Kodim 0827/Sumenep yang telah melaksanakan RAT dengan tepat waktu.

Semenatara itu, Komandan Kodim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis A. Md menyapaikan, Koperasi Kodim 0827/Sumenep menambahkan bahwa pelaksanaan RAT wajib dilaksanakan oleh semua koperasi.

“Pelaksanaan RAT wajib dilaksanakan oleh semua koperasi sebagai tanggung jawab pengurus dan pengawas untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban usaha atau kegiatan yang telah dijalankan disamping penyampaian rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi untuk tahun berikutnya,” terangnya.

Selain melaksanakan RAT juga dilaksanakan secara langsung dengan ketentuan sistem pendelegasian/perwakilan dari anggota dengan mengacu jumlah kehadiran 50%+1 dengan bentuk syahnya hasil keputusan RAT dan tetap menerapkan protokol Kesehatan dalam pelaksanaannya.

Beberapa koperasi yang telah melaksanakan RAT secara langsung adalah Koperasi Primkop Kodim 0827/Sumenep dan Koperasi Simpan Pinjam Bina Warga. (Pendim 0827/Sumenep)