Wakapolres Sumenep Pimpin Langsung Pam Kirab dan Jamasan Pusaka Keraton Sumenep

Sumenep – Setelah kemaren dilakukan Jamasan Pusaka di Desa Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi, sejumlah Pusaka Keraton Sumenep kemudian dikirab menuju Pendopo Agung Keraton Sumenep, tepatnya di Jl. Dr. Soetomo Kel. Pajagalan Kec. Kota Sumenep.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sumenep (Ach. Fauzi), Sekretaris Daerah Sumenep (Ir. Edy Rasyiadi M.SE), Kapolres Sumenep diwakili oleh waka polres Sumenep (Kompol Andi Febriyanto Ali S.E), Dandim 0827 Sumenep diwakili oleh Danramil Saronggi Kapten inf sutrisno, Kesultanan Kraton Sumenep (RB.Abdullah), Kapolsek Sumenep kota Akp Widiarti SH, dan banyak lainnya.

Diawali dengan penyerahan hasil bumi oleh perwakilan masyarakat Desa Aing tongtong kepada Wakil Bupati Sumenep, sejumlah Empu dari Desa Aeng Tong-tong kemudian menyerahkan keris pusaka keraton pada Wabup menandakan keris pusaka keraton telah rampung dilaksanakan penjamasan.

Dalam sambutannya, Wabup Fauzi menjelaskan acara jamasan dan kirap, bertujuan untuk mengangkat kembali serta memperkuat program pemerintah dengan hubungannya visit Sumenep 2019, yang mana pada tahun 2005 Kab. Sumenep keris diakui sebagai warisan dunia.

“Semua ini merupakan bagian untuk memperkuat perekonomian masyarakat dan kami ingin mengenang kembali sejarah Sumenep, seperti kamaren aing tontong sudah menjadi simpul pada saat era kerajaan di masa-masa kerajaan, keris ini menjadi simbol di masa saat itu dan keris aing tongtong sudah di kenal yang dimulai tahun 1970,” ungkap Wabup.

Ia pun berharap di tengah derap pembangunan modern dan di tengah gempuran modernisasi di segala bidang, jangan sampai mengorbankan kekayaan budaya dan tradisi kekayaan tradisi dan budaya jangan sampai hilang sampai kapanpun kita semua yang memiliki tanggung jawab untuk melestarikannya.

“Ada dua cara mempertahankan tradisi dan budaya setidaknya dapat dilakukan dengan dua hal yakni sosialisasi dan atraksi, Sosialisasi dilakukan dengan meng-informasikan sejarah yang kita miliki kepada anak cucu kita sejak dini. Sementara atraksi adalah dengan mrmperbanyak kegiatan seperti yang kita lakukan saat ini dan dengan komitmen semua pihak warisan tradisi yang ada di sumenep akan tetap lestari hingga kapanpun,” imbuh nya panjang lebar.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti SH mengatakan pada media ini, kegiatan tersebut sangat tepat untuk dilaksanakan guna mengenang tentang budaya leluhur, tentang keberadaan sejarah-sejarah kerajaan yang berada di Kab. Sumenep.

Pihak Polres Sumenep mendukung penuh, siap melancarkan jalannya kegiatan sampai selesai. “Bahkan Wakapolres turun langsung sendiri mengamankan jalannya Kirab Pusaka Keraton,” pungkas Widi. (And)