36 Pasang Sapi Siap Bertarung di Lomba Kerapan Sapi Presiden Cup

Sumenep – Sesuai dengan permintaan paguyuban dan pemilik sapi karapan, Lomba Kerapan Sapi yang memperebutkan piala presiden dipastikan akan dihelat Minggu esok tanggal 15 September 2019. Yang mana jadwal sebelumnya adalah tanggal 22 September 2019, berhubung ada masalah tekhnis maka di majukan menjadi tanggal 15 September 2019.

“Para pemilik sapi dan Paguyuban Kerapan Sapi meminta agar waktu lomba tidak bersamaan dengan event yang ada di Kabupaten Pamekasan,” ungkap Robi, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disparbudpora Sumenep, Jawa Timur. Jum’at 13/09.

Semua persiapan telah dilakukan, begitupula terkait kesiapan lapangan yang sejak beberapa waktu lalu dijadikan lokasi untuk relokasi sementara para pedagang di Pasar Bangkal.

“Kami telah melakukan peninjauan. Untuk sementara para pedagang yang berjualan di dalam lapangan kami suruh meliburkan diri, karena lapangan akan dipakai untuk lomba kerapan sapi,” terangnya.

Dijelaskan kerapan sapi selain menjadi tradisi di Pulau Madura, khususnya Kabupaten Sumenep itu sebelumnya sudah dihelat per-kewedanan.

“Karena ini tradisi tahunan, jadi seleksinya dimulai dari tingkat kawedanan, sementara di Sumenep ada enam kawedanan. Dimulai sejak bulan Juli kemarin, secara berurutan dari kawedanan Kota, Ambunten, Bluto, Guluk-Guluk, dan Pulau Sapudi,” paparnya.

Selanjutnya, pada tanggal 25 Agustus 2019 kemarin seleksi di Pulau Sapudi. Kemudian lanjut ditingkat Kabupaten, yang pelaksanaannya akan dilaksanakan Minggu, 15 September 2019 besok. Jadi yang menang besok akan menjadi perwakilan menuju lomba kerapan sapi piala presiden,” terangnya.

“Sementara untuk jumlah peserta sendiri, dijelaskan oleh Robi, ada 36 pasang sapi yang bakal dilombakan,” pungkasnya. (And)